Apa yang dimaksud dengan mail merge ?

Posted by anisa on November 2, 2012 | Subscribe
in Uncategorized

Mail merge merupakan fasilitas yang digunakan untuk menangani masalah surat menyurat.

Mail merge adalah 2 data yang digabung.

Mail merge membantu kita untuk membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. fitur ini membantu untuk membuat surat.

Ini adalah secara manual atau satu per satu. Menggunakan Word 2007, teknik ini lebih mudah dengan menggunakan ikon “Insert Merge Field” dibahagian “Ribbon“.

Untuk elemen kedua, “highlight” “<Nama Kedua>” dan klik tanda anak panah kecil dan pilih “Nama_Kedua” seperti dalam gambar rajah disebelah ini.

Selepas diklik, elemen kedua akan menjadi seperti elemen yang pertama kita lakukan sebelum ini. Cara ini adalah lebih mudah dilakukan kerana menjimatkan masa dan proses lebih cepat dilakukan.

Ulangi proses tersebut sehingga ke semua elemen yang kita perlukan ditukar gantikan dengan pemboleh ubah. Dan diakhir langkah ini segalanya akan menjadi seperti ini:

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>